HOME

DAILY VALID

DAILY VALID SIPP PENGADILAN AGAMA MATARAM KELAS IAMataram, 04 Januari 2017   "Daily v...

SIDAK PTA NTB JANUARI 2018

SIDAK PTA NTB   Selasa, (02/01/18) Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat dengan didam...

STUDY BANDING PENGADILAN AGAMA SE-MADURA

STUDY BANDING PENGADILAN AGAMA SE-MADURA KE PA MATARAM Mataram, 22 Desember 2017 Jum’at, (...

UPACARA PERINGATAN HARI IBU

UPACARA PERINGATAN HARI IBU DI PENGADILAN AGAMA MATARAM Mataram, 22 Desember 2017  &n...

SIDAK PAK DIRJEN DI KE PENGADILAN AGAMA MATARAM KELAS IA

SIDAK PAK DIRJEN DI KE PENGADILAN AGAMA MATARAM KELAS IAMataram, 23 Desember 2017   ...

  • DAILY VALID

    Jumat, 05 Januari 2018 02:39
  • SIDAK PTA NTB JANUARI 2018

    Selasa, 02 Januari 2018 05:45
  • STUDY BANDING PENGADILAN AGAMA SE-MADURA

    Rabu, 27 Desember 2017 08:44
  • UPACARA PERINGATAN HARI IBU

    Rabu, 27 Desember 2017 08:37
  • SIDAK PAK DIRJEN DI KE PENGADILAN AGAMA MATARAM KELAS IA

    Rabu, 27 Desember 2017 04:14

"ADA YANG LAIN APEL SENIN PAGI DI PENGADILAN AGAMA KELAS IA MATARAM"

alt

 

Setelah Bapak Yusuf Effendi, SH dilantik sebagai Ketua Pengadilan Agama Kelas IA Mataram, apel Senin pagi tanggal 3 dan 10 Oktober 2016  ada perbedaan dengan apel Senin pagi yang berlaku sebelumnya. Letak perbedaannya terdapat pada sisi formasi dan susunan acaranya.Pembina apel yang bergiliran dari internal hakim, tempatnya tidak bersatu dengan peserta apel, berada pada tempat tersendiri yang diapit oleh pimpinan pengadilan (diantara Ketua dan Wakil Ketua).Sedangkan susunan acaranya,  semula ada pembacaan visi, misi dan moto Pengadilan Agama Kelas IA Mataram diganti dengan pembacaan "SEPULUH BUDAYA MALU WARGA PERADILAN". Kemudian ada pembacaan doa sebelum laporan bahwa upacara telah selesai.
Semoga dengan pembacaan " SEPULUH BUDAYA MALU WARGA PERADILAN " yang diucap ulang oleh peserta apel, mampu berdampak posotif pada seluruh aparatur Pengadilan Agama Kelas IA Mataram dalam rangka mewujudkan visi, misi dan moto Pengadilan Agama Kelas IA Mataram. Semoga doa yang dibacakan petugas dengan diamini oleh peserta apel dapat mewujudkan aparatur yang bersih, jujur, bertanggung jawab dan profesional dalam ridha-NYA. Amin.

alt      alt
(Tim Redaksi PA Mtr).

 

/* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;}

Terakhir Diperbaharui ( Senin, 10 Oktober 2016 03:00 )

 

"PENGARAHAN UNTUK MENYAMBUT KUNJUNGAN KERJA YANG MULIA KETUA MAHKAMAH AGUNG RI KE PENGADILAN AGAMA KELAS IA MATARAM"

 alt

 Berdasarkan Surat dari Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram nomor: W22-A/1407/HM.01.2/X/2016 tanggal 04 Oktober 2016 yang memberitahukan bahwa pada tanggal 4 Nopember 2016 Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI akan melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Agama Kelas IA Mataran. Untuk mempersiapkan penyambutan kunjungan kerja tersebut, Ketua Pengadilan Agama Kelas IA Mataram mengadakan rapat yang diikuti oleh seluruh pegawai dan memberikan pengarahan sebagai berikut:

  1. Berdasarkan lampiran Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 293/KMA/SK/XI/2014 Tanggal 25 Nopember  2014 Tentang Pembaruan Pola Promosi dan Mutasi Kepaniteraan di Lingkungan Peradilan Agama, jumlah Pengadilan Agama/Mahkamah Syar'iyah Kelas IA Tertentu hanya ada 13 Pengadilan Agama. 9 berada di Jawa, 4 berada di luar Jawa, salah satu dari yang 4 itu adalah Pengadilan Agama Kelas IA Mataram. Oleh karena itu kita harus bersyukur dan merasa terhormat dapat  bertugas di sini. Jiwa yang  senantiasa bersyukur dan balasan atas penghormatan yang kita terima adalah dengan menunjukkan karakter terhormat diataranya
  2. Membudayakan 10 budaya malu warga peradilan yang setiap apel Senin pagi kita ucapkan. Sehingga bila 10 budaya malu tersebut telah benar-benar membudaya dan  menjadi karakter yang dominan dari segenap insan peradilan maka visinya untuk mewujudkan lembaga peradilan yang agung akan cepat tercapai. Dalam skup yang lebih kecil tidak akan menjadi kekhawatiran bila  kapan pun akan dikunjungi atau bahkan diaudit. Karena lembaga telah berjalan sesuai dengan SOP yang berlaku apalagi kita telah meraih sertifikat ISO.
  3. Administrasi perkara dan administrasi umum serta kebersihan adalah 3 hal yang diamatkan Bapak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram melalui suratnya.
  4. Era digital adalah suatu keniscayaan, individu maupun lembaga yang menguasai dan   mempraktekan dalam aktifitasnya adalah invidu/lembaga yang visioner, termasuk di dalamnya lembaga Pengadilan.
  5. Di pengadilan baik administrasi perkara maupun administrasi umum disamping  manual juga menggunakan aplikasi. Dua-duanya harus sejalan.
  6. SIPP meskipun belum sempurna adalah salah satu bentuk sistem administrasi berbasis aplikasi. Mari kita lihat SIPP kita (Ketua membuka SIPP Pengadilan Agama Kelas IA  Mataram), berkat kerjakeras semuanya antrian sidang dan arsip  perkara kini sudah berbasis  aplikasi juga laporan mediasi sudah pula menggunakan  aplikasi. Kita memang belum sempurna,  namun hendaknya semua insan Pengadilan Agama Kelas IA Mataram dan saya yakin semua ada  semangat untuk be the best.Hal ini tetbukti prosentase dan rating PA kita trennya terus naik. Alhamdulillah dan saya menyampaikan apresiasi atas kinerja semuanya.
  7. Administrasi umum lebih banyak lagi aplikasi nya, Ketua memberikan perhatian khusus pada jajaran kesekretariatan agar surat-surat baik dari Pengadilan Tinggi Agama Mataram  maupun dari Mahkamah Agung yang berkaitan dengan kesekretariatan untuk segera ditindak lanjuti.
  8. Umat Islam pada umumnya warga Pengadilan Agama Kelas IA Mataram pada khususnya    haruslah merasa malu bila hidup tidak bersih,baik tidak bersih lahir apalagi tidak bersih batin,karena tuntunan agama telah jelas dan semua sudah tahu bahwa "kebersihan bagian dari iman". Oleh karenanya tumbuhkan dan hadirkan sikap ingin hidup bersih diri dan lingkungan.
  9. Jadikan kunjungan Yang Mulia Bapak Ketua Mahkamah Agung RI dan rencana audit surveilance  ISO sebagai momen yang tepat untuk senantiasa berbenah agar tempat dimana kita bertugas menjadi yang terbaik. Amin


 

 

(Tim Redaksi PA Mtr)

 

Terakhir Diperbaharui ( Senin, 10 Oktober 2016 03:05 )

 

"Penerapan Sistem Antrian SIdang Di Pengadilan Agama Mataram"

"Penerapan Sistem Antrian SIdang Di Pengadilan Agama Mataram"

Oleh : Zulfan Rauhandi, S. Kom.*


alt


 
Masih terngiang di telinga ungkapan Ketua Pengadilan Agama Mataram Kelas IA yang baru (Bapak Yusuf Effendi. SH) yang mengungkapkan:   "silahkan eksplor potensi IT Anda dan kembangkan serta terapkan di kantor ini, saya akan mendukung dan bertanggung jawab". Ungkapan itu tercetus ketika saya selaku admin di Pengadilan Agama Kelas IA Mataram pada tanggal 26 September 2016 dipanggil ke ruangannya. Kala itu beliau sedang membuka SIIP pada menu "antrian sidang" dan "arsip perkara" masih belum tersedia.


Pada akhir pengarahan dalam masalah "antrian sidang" beliau mengungkapkan tantangan: "Apakah dalam waktu 2 hari ke depan Anda sanggup merumuskan "cara kerja", "instrumen pendukung yang diperlukan" dan "siapa saja user yang senantiasa terlibat" agar antrian sidang itu berlangsung dengan baik?". Atas tantangan tersebut saya jawan: "hari ini Pak saya serahkan ke Bapak'. Alhamdulillah sore harinya saya serahkan dan daya paparkan. Berikutnya beliau memerintahkan untuk mempresentasikan di ruangannya dengan slide dan dihadiri oleh pejabat terkait. Saat presentasi dan uji coba, bliau menginginkan pemanggilan para pihak dengan menyebut nama-nama para pihak, karena pada waktu uji coba hanya nomor perkara dan nomor ruang sidang. Kemudian tantangan lain beliau lontarkan: "sanggupkah sistem ini diberlakukan mulai tanggal 3 Oktober 2016?" Saya jawab, siap. Kemudian untuk urusan persiapan segalanya didukung sepenuhnya oleh Bapak Panitera dan Sekretaris.

Alhamdulillah sesuai rencana pada tanggal 3 Oktober 2016 sistem pemanggilan sidang sudah tidak manual lagi.inilah cara kerja danperangkat yang diperlukan serta user yang harus selalu aktif mendukung terlaksananya pemanggilan sidang elektrik:Menu Antrian sidang merupakan menu untuk melakukan pendaftaran antrian sidang, pemanggilan para pihak berdasarkan nomor urut antrian dan menampilkan daftar/list nomor urut antrian sidang. Menu Antrian terdapat 3 (tiga) sub menu yaitu :

Dalam system antrian SIPP terdapat Menu Antrian Sidang merupakan menu untuk melakukan pendaftaran antrian sidang, pemanggilan para pihak berdasarkan nomor urut antrian dan menampilkan daftar/list nomor urut antrian sidang. Menu Antrian terdapat 3 (tiga) sub menu yaitu :


1.Sub Menu Input Antrian Para Pihak.

Sub menu ini digunakan untuk mendaftar antrian sidang oleh petugas sidang. Sistim akan menampilkan list Antrian Para Pihak dan form pengisian antrian siding, Pengguna / Petugas Sidang menginput nomor perkara pihak yang sidang pada tanggal saat ini/hari ini, adapun caranya sebagai berikut :
 
 alt
 
 
 Sistim akan menampilkan list Antrian Para Pihak dan form pengisian antrian sidang, sebagaimana gambar berikut:
 
 
 alt
 
 
 Keterangan Gambar :
1. Field pengisian nomor perkara,
2. Tombol Simpan antrian sidang,
3. Daftar nomor perkara yang sidang,
4. Nama pihak,
5. Informasi status antrian persidangan.

 
 Pengguna / Petugas Sidang menginput nomor perkara pihak yang sidang pada tanggal saat ini/hari ini. etelah nomor perkara di isi dengan lengkap, kemudian tekan/klik tombol simpan.
Apabila berhasil disimpan, maka akan tampil informasi sebagaimana gambar berikut :
 
 alt
 
 Jika perkara tersebut tidak terdaftar dalam jadwal sidang, maka akan tampil informasi sebagaimana gambar berikut :

 
alt
 
 Atau jika pengisian nomor perkara tidak lengkap, maka sistim memberikan informasi sebagaimana gambar berikut :
 
 
 alt
 
 
 
2.Sub Menu Input Antrian Hakim/PP.

Sub menu ini digunakan untuk melihat daftar antrian perkara berdasarkan majelis dan ruang sidang serta form kontrol proses pemanggilan pihak, Sistim akan menampilkan list     Antrian Para Pihak dan form filter antrian sidang berdasarkan Ketua Majelis Hakim dan ruang sidang.
 
 alt
 Sistim akan menampilkan list Antrian Para Pihak dan form filter antrian sidang berdasarkan Ketua Majelis Hakim dan ruang sidang, sebagaimana gambar berikut. :
alt
 
 Keterangan Gambar :
1. Combobox/Option Group untuk memilih nama ketua majelis,
2. Combobox/Option Group untuk memilih ruang sidang.
3. Combobox/Option Group untuk kategori pemanggilan antrian sidang.
4. Tombol Simpan
 
Setelah melakukan pemilihan combobox (Ketua Majelis, Ruang Sidang dan Kategori Panggil ),  kemudian tekan tombol simpan.
Selanjutnya, setelah melakukan penyimpanan maka akan tampil Form control pemanggilan antrian sidang.Form ini digunakan untuk mengontrol pemanggilan antrian pihak. Adapun cara penggunaanya adalah sebagai berikut :
 alt
 
 Untuk melakukan panggilan nomor antrian, silahkan klik tombol panggil (lihat nomor 1 pada gambar diatas.)
Untuk menunda pemeriksaan perkara, klik tombol tunda (lihat nomor 2 pada gambar diatas.).

 
 
 
 3. Sub Menu Display Antrian.
 
 Sub menu ini digunakan untuk melihat daftar antrian perkara berdasarkan majelis dan ruang sidang serta form kontrol proses pemanggilan pihak, Jika pada ruang sidang melakukan pemanggilan sidang pada Form control pemanggilan antrian sidang, maka pada layar monitor antrian sidang akan tampil informasi antrian dan pada speaker/pengeras suara terdengar suara pemanggilan nomor antrian sebagaimana informasi yang tampil pada layar
 alt
 
 Sistim akan menampilkan list Antrian Para Pihak pada layar monitor antrian sidang sebagaimana gambar berikut.
alt

Keterangan Gambar :

1. Pada point 1,2,3  merupakan informasi jumlah antrian pada ruang sidang (Informasi        ruang sidang sesuai dengan setup jumlah ruang sidang pada setiap satuan kerja,jika pengaturan ruang sidang ada 5 maka informasi jumlah antrian per ruang sidang ada 5),
2. Pada point 4 adalah informasi nomor perkara yang sidang,
3. Pada point 5 adalah informasi nama pihak berperkara,
4. Pada point 6 adalah informasi status antrian sidang.
 
 Jika pada ruang sidang melakukan pemanggilan sidang pada Form control pemanggilan antrian sidang, maka pada layar monitor antrian sidang akan tampil informasi antrian dan pada speaker/pengeras suara terdengar suara pemanggilan nomor antrian sebagaimana informasi yang tampil pada layar berikut.

 alt
 
 
 
 Keberanian dan semangat mencurahkan pengalaman dalam bentuk tulisan tersebut di atas juga karena motivasi yang diberikan oleh beliau.

Demikian, semoga bermanfaat.

Bravo Pak Ketua Pengadilan Agama Kelas IA Mataram. Semoga sukses. Amin.

 *Admin Pengadilan Agama Kelas IA Mataram.

Terakhir Diperbaharui ( Senin, 10 Oktober 2016 03:32 )

 

<< Mulai < Sebelumnya 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 11 dari 70

Video PA Mataram

Personil PA Mataram
images/profil/01.jpg
images/profil/04.jpg
images/profil/05.jpg
images/profil/06.jpg
images/profil/07.jpg
images/profil/08.jpg
images/profil/09.jpg
images/profil/10.jpg
images/profil/11.jpg
images/profil/13.jpg
images/profil/14.jpg
images/profil/15.jpg
images/profil/17.jpg
images/profil/18.jpg
images/profil/19.jpg
images/profil/20.jpg
images/profil/21.jpg
images/profil/22.jpg
images/profil/23.jpg
images/profil/24.jpg
images/profil/25.jpg
images/profil/26.jpg
images/profil/27.jpg
images/profil/28.jpg
images/profil/30.jpg
images/profil/31.jpg
images/profil/32.jpg
images/profil/33.jpg
images/profil/34.jpg
images/profil/35.jpg
images/profil/36.jpg
images/profil/37.jpg
images/profil/38.jpg
images/profil/39.jpg
images/profil/40.jpg
images/profil/41.jpg
images/profil/42.jpg
images/profil/43.jpg
images/profil/44.jpg
images/profil/45.jpg
images/profil/46.jpg
images/profil/48.jpg
images/profil/49.jpg
images/profil/50.jpg
images/profil/51.jpg
images/profil/54.jpg
images/profil/55.jpg
images/profil/56.jpg
images/profil/57.jpg
images/profil/58.jpg
images/profil/59.jpg
images/profil/60.jpg
images/profil/61.jpg
images/profil/62.jpg
images/profil/63.jpg
images/profil/64.jpg
images/profil/65.jpg
images/profil/66.jpg
images/profil/67.jpg
images/profil/68.jpg
images/profil/69.jpg
images/profil/70.jpg
images/profil/72.jpg
JAM LAYANAN

 

Polling
Apa yang menarik dari web kami
 
Pengunjung Online
Kami memiliki 38 Tamu online
Pengunjung Kami
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini48
mod_vvisit_counterKemarin686
mod_vvisit_counterMinggu Ini4839
mod_vvisit_counterBulan Ini13573
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1454523
Intranet



Tabayun Online