Ketua dan Wakil
LINK PARTNER
Baner
Baner
Baner
Baner
Baner
Baner
Baner
Baner
Baner
Baner
Baner
Pengaduan Masyarakat

BERITA BADILAG
HOME ARTIKEL "Penerapan Sistem Antrian SIdang Di Pengadilan Agama Mataram"

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Di Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A.

  Upacara Peringatan Hari Pahlawan  Di Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A.  ...

Rapat Pembinaan Perdana KPA Mataram

Rapat Pembinaan Perdana KPA Mataram    Pasca acara pelantikan dan pengucapan sumpah ...

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan KPA Mataram

PELANTIKAN DAN PENGUCAPAN SUMPAH JABATAN SERTA SERAH TERIMA JABATAN KETUA PENGADILAN AGAMA MATARAM ...

PELAKSANAAN “CB”

PELAKSANAAN “CB”   Setelah mengalami 2 (dua) kali penundaan, akhirnya hari Selasa ta...

PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA

PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA    Pembinaan bekala untuk internal Hak...

  • Upacara Peringatan Hari Pahlawan Di Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A.

    Senin, 12 November 2018 04:46
  • Rapat Pembinaan Perdana KPA Mataram

    Jumat, 28 September 2018 00:45
  • Pelantikan dan Serah Terima Jabatan KPA Mataram

    Rabu, 26 September 2018 02:57
  • PELAKSANAAN “CB”

    Rabu, 01 Agustus 2018 08:33
  • PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA

    Kamis, 19 Juli 2018 05:46

"Penerapan Sistem Antrian SIdang Di Pengadilan Agama Mataram"

Artikel - ARTIKEL
"Penerapan Sistem Antrian SIdang Di Pengadilan Agama Mataram"

Oleh : Zulfan Rauhandi, S. Kom.*


alt


 
Masih terngiang di telinga ungkapan Ketua Pengadilan Agama Mataram Kelas IA yang baru (Bapak Yusuf Effendi. SH) yang mengungkapkan:   "silahkan eksplor potensi IT Anda dan kembangkan serta terapkan di kantor ini, saya akan mendukung dan bertanggung jawab". Ungkapan itu tercetus ketika saya selaku admin di Pengadilan Agama Kelas IA Mataram pada tanggal 26 September 2016 dipanggil ke ruangannya. Kala itu beliau sedang membuka SIIP pada menu "antrian sidang" dan "arsip perkara" masih belum tersedia.


Pada akhir pengarahan dalam masalah "antrian sidang" beliau mengungkapkan tantangan: "Apakah dalam waktu 2 hari ke depan Anda sanggup merumuskan "cara kerja", "instrumen pendukung yang diperlukan" dan "siapa saja user yang senantiasa terlibat" agar antrian sidang itu berlangsung dengan baik?". Atas tantangan tersebut saya jawan: "hari ini Pak saya serahkan ke Bapak'. Alhamdulillah sore harinya saya serahkan dan daya paparkan. Berikutnya beliau memerintahkan untuk mempresentasikan di ruangannya dengan slide dan dihadiri oleh pejabat terkait. Saat presentasi dan uji coba, bliau menginginkan pemanggilan para pihak dengan menyebut nama-nama para pihak, karena pada waktu uji coba hanya nomor perkara dan nomor ruang sidang. Kemudian tantangan lain beliau lontarkan: "sanggupkah sistem ini diberlakukan mulai tanggal 3 Oktober 2016?" Saya jawab, siap. Kemudian untuk urusan persiapan segalanya didukung sepenuhnya oleh Bapak Panitera dan Sekretaris.

Alhamdulillah sesuai rencana pada tanggal 3 Oktober 2016 sistem pemanggilan sidang sudah tidak manual lagi.inilah cara kerja danperangkat yang diperlukan serta user yang harus selalu aktif mendukung terlaksananya pemanggilan sidang elektrik:Menu Antrian sidang merupakan menu untuk melakukan pendaftaran antrian sidang, pemanggilan para pihak berdasarkan nomor urut antrian dan menampilkan daftar/list nomor urut antrian sidang. Menu Antrian terdapat 3 (tiga) sub menu yaitu :

Dalam system antrian SIPP terdapat Menu Antrian Sidang merupakan menu untuk melakukan pendaftaran antrian sidang, pemanggilan para pihak berdasarkan nomor urut antrian dan menampilkan daftar/list nomor urut antrian sidang. Menu Antrian terdapat 3 (tiga) sub menu yaitu :


1.Sub Menu Input Antrian Para Pihak.

Sub menu ini digunakan untuk mendaftar antrian sidang oleh petugas sidang. Sistim akan menampilkan list Antrian Para Pihak dan form pengisian antrian siding, Pengguna / Petugas Sidang menginput nomor perkara pihak yang sidang pada tanggal saat ini/hari ini, adapun caranya sebagai berikut :
 
 alt
 
 
 Sistim akan menampilkan list Antrian Para Pihak dan form pengisian antrian sidang, sebagaimana gambar berikut:
 
 
 alt
 
 
 Keterangan Gambar :
1. Field pengisian nomor perkara,
2. Tombol Simpan antrian sidang,
3. Daftar nomor perkara yang sidang,
4. Nama pihak,
5. Informasi status antrian persidangan.

 
 Pengguna / Petugas Sidang menginput nomor perkara pihak yang sidang pada tanggal saat ini/hari ini. etelah nomor perkara di isi dengan lengkap, kemudian tekan/klik tombol simpan.
Apabila berhasil disimpan, maka akan tampil informasi sebagaimana gambar berikut :
 
 alt
 
 Jika perkara tersebut tidak terdaftar dalam jadwal sidang, maka akan tampil informasi sebagaimana gambar berikut :

 
alt
 
 Atau jika pengisian nomor perkara tidak lengkap, maka sistim memberikan informasi sebagaimana gambar berikut :
 
 
 alt
 
 
 
2.Sub Menu Input Antrian Hakim/PP.

Sub menu ini digunakan untuk melihat daftar antrian perkara berdasarkan majelis dan ruang sidang serta form kontrol proses pemanggilan pihak, Sistim akan menampilkan list     Antrian Para Pihak dan form filter antrian sidang berdasarkan Ketua Majelis Hakim dan ruang sidang.
 
 alt
 Sistim akan menampilkan list Antrian Para Pihak dan form filter antrian sidang berdasarkan Ketua Majelis Hakim dan ruang sidang, sebagaimana gambar berikut. :
alt
 
 Keterangan Gambar :
1. Combobox/Option Group untuk memilih nama ketua majelis,
2. Combobox/Option Group untuk memilih ruang sidang.
3. Combobox/Option Group untuk kategori pemanggilan antrian sidang.
4. Tombol Simpan
 
Setelah melakukan pemilihan combobox (Ketua Majelis, Ruang Sidang dan Kategori Panggil ),  kemudian tekan tombol simpan.
Selanjutnya, setelah melakukan penyimpanan maka akan tampil Form control pemanggilan antrian sidang.Form ini digunakan untuk mengontrol pemanggilan antrian pihak. Adapun cara penggunaanya adalah sebagai berikut :
 alt
 
 Untuk melakukan panggilan nomor antrian, silahkan klik tombol panggil (lihat nomor 1 pada gambar diatas.)
Untuk menunda pemeriksaan perkara, klik tombol tunda (lihat nomor 2 pada gambar diatas.).

 
 
 
 3. Sub Menu Display Antrian.
 
 Sub menu ini digunakan untuk melihat daftar antrian perkara berdasarkan majelis dan ruang sidang serta form kontrol proses pemanggilan pihak, Jika pada ruang sidang melakukan pemanggilan sidang pada Form control pemanggilan antrian sidang, maka pada layar monitor antrian sidang akan tampil informasi antrian dan pada speaker/pengeras suara terdengar suara pemanggilan nomor antrian sebagaimana informasi yang tampil pada layar
 alt
 
 Sistim akan menampilkan list Antrian Para Pihak pada layar monitor antrian sidang sebagaimana gambar berikut.
alt

Keterangan Gambar :

1. Pada point 1,2,3  merupakan informasi jumlah antrian pada ruang sidang (Informasi        ruang sidang sesuai dengan setup jumlah ruang sidang pada setiap satuan kerja,jika pengaturan ruang sidang ada 5 maka informasi jumlah antrian per ruang sidang ada 5),
2. Pada point 4 adalah informasi nomor perkara yang sidang,
3. Pada point 5 adalah informasi nama pihak berperkara,
4. Pada point 6 adalah informasi status antrian sidang.
 
 Jika pada ruang sidang melakukan pemanggilan sidang pada Form control pemanggilan antrian sidang, maka pada layar monitor antrian sidang akan tampil informasi antrian dan pada speaker/pengeras suara terdengar suara pemanggilan nomor antrian sebagaimana informasi yang tampil pada layar berikut.

 alt
 
 
 
 Keberanian dan semangat mencurahkan pengalaman dalam bentuk tulisan tersebut di atas juga karena motivasi yang diberikan oleh beliau.

Demikian, semoga bermanfaat.

Bravo Pak Ketua Pengadilan Agama Kelas IA Mataram. Semoga sukses. Amin.

 *Admin Pengadilan Agama Kelas IA Mataram.
Video PA Mataram

Personil PA Mataram
images/profil/01.jpg
images/profil/04.jpg
images/profil/05.jpg
images/profil/06.jpg
images/profil/07.jpg
images/profil/08.jpg
images/profil/09.jpg
images/profil/10.jpg
images/profil/11.jpg
images/profil/13.jpg
images/profil/14.jpg
images/profil/15.jpg
images/profil/17.jpg
images/profil/18.jpg
images/profil/19.jpg
images/profil/20.jpg
images/profil/21.jpg
images/profil/22.jpg
images/profil/23.jpg
images/profil/24.jpg
images/profil/25.jpg
images/profil/26.jpg
images/profil/27.jpg
images/profil/28.jpg
images/profil/30.jpg
images/profil/31.jpg
images/profil/32.jpg
images/profil/33.jpg
images/profil/34.jpg
images/profil/35.jpg
images/profil/36.jpg
images/profil/37.jpg
images/profil/38.jpg
images/profil/39.jpg
images/profil/40.jpg
images/profil/41.jpg
images/profil/42.jpg
images/profil/43.jpg
images/profil/44.jpg
images/profil/45.jpg
images/profil/46.jpg
images/profil/48.jpg
images/profil/49.jpg
images/profil/50.jpg
images/profil/51.jpg
images/profil/54.jpg
images/profil/55.jpg
images/profil/56.jpg
images/profil/57.jpg
images/profil/58.jpg
images/profil/59.jpg
images/profil/60.jpg
images/profil/61.jpg
images/profil/62.jpg
images/profil/63.jpg
images/profil/64.jpg
images/profil/65.jpg
images/profil/66.jpg
images/profil/67.jpg
images/profil/68.jpg
images/profil/69.jpg
images/profil/70.jpg
images/profil/72.jpg
JAM LAYANAN

 

Polling
Apa yang menarik dari web kami
 
Pengunjung Online
Kami memiliki 6 Tamu online
Pengunjung Kami
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini4
mod_vvisit_counterKemarin175
mod_vvisit_counterMinggu Ini574
mod_vvisit_counterBulan Ini2042
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1649233
Intranet



Tabayun Online