HOME BERITA

PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA

PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA    Pembinaan bekala untuk internal Hak...

HALAL BIHALAL DAN PERESMIAN RUANG PELAYANAN TERPADU

PERESMIAN RUANG PELAYANAN TERPADU DAN HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR PENGADILAN AGAMA MATARAM Ma...

Hari Lahir Pancasila

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di PA Mataram Mataram, 01 Juni 2018 Jum’at, (01/06/18...

BUKA PUASA BERSAMA KELUARGA BESAR PENGADILAN AGAMA MATARAM

BUKA PUASA BERSAMA KELUARGA BESAR PENGADILAN AGAMA MATARAM  Senin, (28/05/18), Pengadilan A...

PELANTIKAN JURUSITA PA MATARAM 2018

PENGAMBILAN SUMPAH dan PELANTIKAN JURUSITA    Senin, (28/05/18), pukul 14.00 WITA bertem...

  • PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA

    Kamis, 19 Juli 2018 05:46
  • HALAL BIHALAL DAN PERESMIAN RUANG PELAYANAN TERPADU

    Jumat, 29 Juni 2018 08:53
  • Hari Lahir Pancasila

    Jumat, 01 Juni 2018 01:26
  • BUKA PUASA BERSAMA KELUARGA BESAR PENGADILAN AGAMA MATARAM

    Selasa, 29 Mei 2018 16:30
  • PELANTIKAN JURUSITA PA MATARAM 2018

    Senin, 28 Mei 2018 07:56

Berita Terkini

PELANTIKAN PEJABAT STRUKTURAL DAN FUNGSIONAL

PENGADILAN AGAMA MATARAM

Setelah kurang lebih setengah tahun mengalami kekosongan pejabat, akhirnya sejak hari jumat tanggal 17 April 2009 Pengadilan Agama Mataram resmi memiliki pejabat eselon IV B baru yang menempati posisi pejabat sebelumnya yang telah mutasi sejak bulan Oktober 2008. Posisi yang baru saja terisi tersebut yaitu Kepala Sub Bagian Umum. Semula posisi ini diduduki oleh Bapak Moh. Nasir, SH. (mutasi ke Pengadilan Agama Praya) dan sekarang digantikan oleh Bapak Alimin, SH. (dahulu Wakil Sekretaris Pengadilan Agama Sumabawa Besar).

Tidak hanya itu, pada kesempatan pelantikan kali ini juga dilantik seorang Panitera Pengganti yang baru saja melepas status SPT-nya, semula yang bersangkutan bertugas di Pengadilan Agama Sumbawa Besar kemudian mengikuti suami yang tidak lain adalah Bapak Wakil Ketua Pengadilan Agama Mataram. Dengan dilantiknya ibu Mariati, SH. sebagai Panitera Pengganti yang baru, maka total Panitera Pengganti yang bertugas di Pengadilan agama Mataram saat ini berjumlah 33 orang, jumlah tersebut sudah termasuk 9 Panitera Pengganti Lokal. Dalam acara pelantikan tersebut, Bapak Ketua Pengadilan agama Mataram Drs. H. A. Saefullah Amin, SH., MH. memberikan sambutan yang pada intinya mewanti-wanti kepada pejabat yang dilantik bahwasannya tugas yang akan diembannya sangatlah berat, hal ini menurut beliau disebabkan karena Pengadilan Agama Mataram merupakan PA kelas I A yang hendaknya menjadi contoh bagi PA-PA yang lain khususnya yang berada di wilayah PTA Mataram.

 

LAGI-LAGI JUARA I….(SEMAKIN JITU)

 

 

 Perwakilan masing-masing tim juara I, II, III dan IV

Invitasi tennis antar Pengadilan Agama yang bertajuk Putaran Tennis Pulau Lombok dan Sumbawa kembali bergulir Hari Sabtu 14 Maret 2009. Awalnya pada edisi kali ini peserta dijadwalkan bertambah dengan hadirnya Tim PA Denpasar, namun entah apa yang terjadi akhirnya PA Sumbawa Besar dan PA Denpasar tidak dapat hadir di Mataram, boleh jadi Tim PA Sumbawa Besar dan PA Denpasar merasa kalah pamor dengan PA Mataram sehingga Tim PA Sumbawa Besar dan PA Denpasar mengurungkan niat untuk hadir pada perhelatan kali ini (kalah sebelum bertanding). Bertindak selaku tuan rumah Pengadilan Tinggi Agama Mataram. Terik yang menyengat tidak menyurutkan para punggawa masing-masing kontingen untuk mengerahkan segala daya upaya untuk meraih gengsi sebagai raja tennis Pengadilan Agama se-pulau lombok. Memang pertandingan pada hari itu terlihat kurang bergairah tanpa kehadiran KPTA Mataram, namun sekali lagi hal itu tidak menyurutkan semangat para atlet untuk mempersembahkan yang terbaik untuk kantornya, tidak terkecuali dua tim asal PA Mataram yang turut berlaga pada event tersebut.


 

RUU PERADILAN AGAMA TENTANG PERKAWINAN

Rancangan Undang Undang (RUU) Peradilan Agama Tentang Perkawinan yang membahas nikah siri, poligami dan kawin kontrak sudah berada di tangan Setneg. Departemen Agama (Depag) masih menunggu jawaban Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atas RUU tersebut.
“Yang jelas sudah di Setneg. Kami belum tahu disetujui presiden atau tidak,” ujar Direktur Bimas Islam Depag Nasaruddin Umar, Jumat (27/2).

Menurut Nasaruddin, RUU diharapkan akan segera dibawa ke DPR, karena pembasannya sudah dilakukan sejak setahun lalu. Ia juga berharap proses legislasi RUU itu segera tuntas dan bisa diberlakukan. “Saya juga nggak tahu terakhir perkembangannya,” imbuh Nasaruddin.

Nasaruddin menjelaskan, isi RUU itu juga akan memperketat tentang nikah siri, kawin kontrak dan poligami. Namun RUU itu tidak membahas soal ahli waris dalam perkawinan Islam. Dalam RUU tersebut, nikah siri dianggap ilegal sehingga pasangan yang menjalani pernikahan model itu akan dipidanakan. “Ada kurungan maksimal 3 bulan dan denda maksimal Rp 5 juta,” ujar Nasaruddin.


 

Ketua PA Mataram Mendampingi Prof. DR. H. RIFYAL KA’BAH, MA Kunjungi Pon-Pes Nahdlatul Wathon Pancor Lombok Timur

Ketua Pengadilan Agama Mataram, Drs. H.A. Saefullah Amin, SH. MH. dampingi Prof. DR. H. Rifyal Ka’bah,MA. Hakim  Agung Mahkamah Agung RI, mengunjungi Pondok Pesantren Nahdlatul Wathon Pancor Lombok Timur, Kamis 19 Februari 2009. Kunjungan tersebut berlangsung usai Pembinaan Menagemen dan Tekhnis Yustisial di wilayah Pengadilan Agama Mataram di Hotel Grand Legi Mataram yang diikuti Saefullah Amin dan seluruh Ketua, Wakil Ketua, Hakim dan Panitera/Sekrateris Pengadilan Agama se-Bali dan NTB.

Prof. DR. H. Rifyal Ka’bah, MA dalam kunjungannya yang disambut pengurus dan santriwan/santriwati salah satu pondok pesantren besar di Pulau Lombok tersebut menyampaikan bahwa antara dirinya dengan keluarga besar PP Nahdlatul Wathon ada kesamaan dari segi latar belakang pendidikan, yakni sama-sama berasal dan terdidik di pesantren. Selain itu, antara dirinya dengan penasehat dan pelindung PP Nahdlatul Wathon, yakni KHTG.  Zainul Majdi, MA., yang juga adalah Gubernur Provinsi NTB, adalah sama-sama alumni Universitas Al-Azhar Kairo.

Sebagai seorang Hakim Agung pada MA RI yang berkewenang sebagai pelaksana kekuasaan kehakiman, khususnya di lingkungan Peradilan Agama, Profesor dalam tausiahnya yang menggunakan bahasa Arab dihadapan para santriwan dan santriwati mengharapkan para santriwan dan santriwati agar terus mempelajari  kitab-kitab kuning, karena Peradilan Agama tidak lepas dari peran ulama saat ini maupun saat yang akan datang. “Karena Pengadilan Agama adalah pengadilan yang menyelasaikan perkara-perkara umat Islam” jelas Profesor,  yang meliputi bidang perkawinan, kewarisan, wasiat, hibah, wkaf, shodaqoh, dan ekonomi syari’ah (bank syari’ah, lembaga keuangan mikrosyari’ah, asuransi syari’ah, reasuransi syari’ah, reksadana syari’ah, obligasi syari’ah, dan surat berharga berjangka menengah syari’ah, sekuritas syari’ah, pembiayaan syari’ah, pegadaian syari’ah, dan pensiun lambaga keuangan syari’ah dan bisnis syari’ah).


 
<< Mulai < Sebelumnya 51 52 53 54 55 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 53 dari 55
Video PA Mataram

Personil PA Mataram
images/profil/01.jpg
images/profil/04.jpg
images/profil/05.jpg
images/profil/06.jpg
images/profil/07.jpg
images/profil/08.jpg
images/profil/09.jpg
images/profil/10.jpg
images/profil/11.jpg
images/profil/13.jpg
images/profil/14.jpg
images/profil/15.jpg
images/profil/17.jpg
images/profil/18.jpg
images/profil/19.jpg
images/profil/20.jpg
images/profil/21.jpg
images/profil/22.jpg
images/profil/23.jpg
images/profil/24.jpg
images/profil/25.jpg
images/profil/26.jpg
images/profil/27.jpg
images/profil/28.jpg
images/profil/30.jpg
images/profil/31.jpg
images/profil/32.jpg
images/profil/33.jpg
images/profil/34.jpg
images/profil/35.jpg
images/profil/36.jpg
images/profil/37.jpg
images/profil/38.jpg
images/profil/39.jpg
images/profil/40.jpg
images/profil/41.jpg
images/profil/42.jpg
images/profil/43.jpg
images/profil/44.jpg
images/profil/45.jpg
images/profil/46.jpg
images/profil/48.jpg
images/profil/49.jpg
images/profil/50.jpg
images/profil/51.jpg
images/profil/54.jpg
images/profil/55.jpg
images/profil/56.jpg
images/profil/57.jpg
images/profil/58.jpg
images/profil/59.jpg
images/profil/60.jpg
images/profil/61.jpg
images/profil/62.jpg
images/profil/63.jpg
images/profil/64.jpg
images/profil/65.jpg
images/profil/66.jpg
images/profil/67.jpg
images/profil/68.jpg
images/profil/69.jpg
images/profil/70.jpg
images/profil/72.jpg
JAM LAYANAN

 

Polling
Apa yang menarik dari web kami
 
Pengunjung Online
Kami memiliki 6 Tamu online
Pengunjung Kami
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini32
mod_vvisit_counterKemarin367
mod_vvisit_counterMinggu Ini2135
mod_vvisit_counterBulan Ini10874
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1591296
Intranet



Tabayun Online