HOME BERITA

PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA

PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA    Pembinaan bekala untuk internal Hak...

HALAL BIHALAL DAN PERESMIAN RUANG PELAYANAN TERPADU

PERESMIAN RUANG PELAYANAN TERPADU DAN HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR PENGADILAN AGAMA MATARAM Ma...

Hari Lahir Pancasila

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di PA Mataram Mataram, 01 Juni 2018 Jum’at, (01/06/18...

BUKA PUASA BERSAMA KELUARGA BESAR PENGADILAN AGAMA MATARAM

BUKA PUASA BERSAMA KELUARGA BESAR PENGADILAN AGAMA MATARAM  Senin, (28/05/18), Pengadilan A...

PELANTIKAN JURUSITA PA MATARAM 2018

PENGAMBILAN SUMPAH dan PELANTIKAN JURUSITA    Senin, (28/05/18), pukul 14.00 WITA bertem...

  • PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA

    Kamis, 19 Juli 2018 05:46
  • HALAL BIHALAL DAN PERESMIAN RUANG PELAYANAN TERPADU

    Jumat, 29 Juni 2018 08:53
  • Hari Lahir Pancasila

    Jumat, 01 Juni 2018 01:26
  • BUKA PUASA BERSAMA KELUARGA BESAR PENGADILAN AGAMA MATARAM

    Selasa, 29 Mei 2018 16:30
  • PELANTIKAN JURUSITA PA MATARAM 2018

    Senin, 28 Mei 2018 07:56

Berita Terkini

PENANDATANGANAN MoU PELAYANAN TERPADU

 


 

Proses panjang untuk mewujudkan kembali Pelayanan Terpadu di Kota Mataram akhirnya terwujud.

Senin, (19/03/2018) sekitar pukul 09.00 WITA, bertempat di Kantor Lurah Bertais Kecamatan Sandubaya Kota Mataram, Walikota Mataram mengundang Ketua Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A, Kepala Kantor Kementrian Agama dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan SipIl Kota Mataram untuk menandatangani MoU dalam rangka pelaksanaan Pelayanan Terpadu Tahun Anggaran 2018.

 

 

Kegiatan ini dibiayai oleh APBD Kota Mataram dan untuk tahun 2018 ini Pelayanan Terpadu dilaksanakan sebanyak 4 kegiatan dengan tujuan agar tercipta tertib administrasi kependudukan bagi warga Kota Mataram dan menjadi pendorong bagi terwujudnya "Gerakan Mataram Sadar Administrasi Kependudukan (GEMAS-KAN)".

Dalam sambutan H. MOHAN ROKISKALINA selaku PLt. Walikota Mataram pada intinya menyatakan bahwa pencatatan administrasi kependudukan bagi warga Kota Mataram dimulai sejak lahir sampai dengan meninggal dunia, untuk mencapai tertib administrasi kependudukan seperti itu dibutuhkan kesadaran warga Kota Mataram dan untuk mendorongnya digulirkanlah "GEMAS-KAN" Gerakan Mataram Sadar Administrasi Kependudukan.

Bagi warga Kota Mataram yang belum mendapatkan berbagai dokumen kependudukan, Pemerintah Kota Mataram menyelenggaran Pelayanan Terpadu yang melibatkan Pengadilan Agama Kelas 1.A, Kementrian Agama dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mataram. Namun dengan keterbatasan anggaran tentu saja tidak akan mampu menyelesaikan persoalan tersebut dengan tuntas, yang paling diperlukan adalah tumbuh kembangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib administrasi kependudukan.

Dipenghujung acara, Walikota Mataram juga meresmikan Pekuncuran Mobil Pelayanan Keliling Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram. 

 

DAILY VALID SIPP PENGADILAN AGAMA MATARAM KELAS IA

Mataram, 04 Januari 2017

 

 "Daily valid" dalam arti "eveyday is valid" SIPP pada Pengadilan Agama Mataram Kelas IA merupakan salah satu program unggulan Pengadilan tersebut untuk tahun 2018 disamping program unggulan lainnya yaitu penataan ruangan sebagai realisasi hasil temuan salah seorang anggota komite pusat SAPM saat melakukan peninjauan sarana fisik yang berada di Pengadilan tersebut. Temuan ini dimungkinkan terjadi karena prototype gedung Pengadilan tersebut yang didak didesain sesuai dengan prototype kekinian sehingga memerlukan penyesuaian layout dan penambahan ruangan.

Kenapa dimunculkan program "daily valid"?

Karena dengan setiap hari dilakukan validasi sampai perkara itu tuntas, sudah pasti perkara tersebut terminutasi, namun bila hanya menggunakan tolok ukur minutasi, belum tentu perkara tersebut valid.

SIPP merupakan sistem aplikasi yang dikelola oleh banyak user dan itu merupakan kerja tim, sehingga untuk mensukseskan program "daily valid" memerlukan komitmen bersama antar unsur user dan unsur pendukung pokok yang menopang keberhasilan program.

Untuk mensukseskan salah satu program unggulan tersebut, dikemaslah pertemuan yang diselenggarakan pada:

Hari/ tanggal  : Kamis, 04 Januari 2018

Tempat            : Ruang Sidang Utama

Pujul                : 08.00-09.30 WITA

Tema               : KOMITMEN BERSAMA (HAKIM, PANITERA, PANITERA PENGGANTI, JURUSITA,

  JURUSITA PENGGANTI, PEJABAT KESEKRETARIATAN&IT) UNTUK MEWUJUDKAN  

  "DAILY VALID".

Ada pun susunan acaranya sebagai berikut :

1.      Pembukaan.

2.      Paparan Ketua Pengadilan Agama Mataram Kelas IA.

3.      Sambutan Ketua Pengadilan Tinggi AgamaNusa Tenggara Barat.

4.      Do’a/Tutup.

 

 

Alhamdulillah acara tersebut dihadiri oleh semua unsur yang tersebut dalam tema acara dan yang lebih spesial lagi dihadiri oleh Bapak DR. Drs. H. Fadlil Sumadi, SH. M.Hum, Bapak Drs. H. Ahsin Abdul Hamid, SH, Bapak H. Ma'sum Umar, SH.MH. & Bapak Misnudin, SH.MH masing-masing sebagai Ketua, Wakil Ketua, Panitera & Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat.

Setelah Ketua Pengadilan Agama Mataran Kelas IA (Bapak Yusuf Effendi, SH) memaparkan  program "daily valid" mulai dari latar belakang sampai dengan langkah solutif yang sudah sepantasnya segera diimplementasikan, maka atas paparan tersebut para peserta rapat sebagai user dari SIPP berkomitmen untuk mewujudkan program "daily valid".

 

 

Atas program yang sudah menjadi komitmen bersama ini, Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat -yang sebelumnya pernah menjadi Hakim Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia-dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang membanggakan dan berharap gagasan ini menjadi virus yang menular kepada Pengadilan Agama yang lain se- wilayah hukum PTA NTB. Selain itu beliau memaparkan secara singkat namun padat, sejarah peradaban manusia hingga milenium ke 3 ini yang salah satu cirinya adalah era globalisasi akibat dari pesatnya kemajuan sain&teknologi. Bangsa yang tertinggal dalam penguasaan sain & teknologi ini akan menjadi bangsa yang tertinggal bahkan akan tinggal nama saja. SIPP ini bagian yang super kecil dari pesatnya era digital. Sekarang bola ada di tangan aparatur Pengadilan Agama Mataram Kelas IA, mau maju dan berkembang kuasai dan manfaatkan secara positif aplikasi ini. Bila sebaliknya, maka keterbelakangan sebagai konsekwensi dari pilihan itu.

Stelah itu, para peserta rapat menandatangani komitmen bersama untuk mewujudkan program "daily valid"

Wallohu a'lam.

Semoga Alloh SWT memberkahi niat baik kita.

Aamiin YRA.

 

SIDAK PTA NTB

 


Selasa, (02/01/18) Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat dengan didampingi oleh Bapak Panitera, melakukan inspeksi mendadak ke Pengadilan Agama Mataram Kelas IA.

Sesaat setelah Beliau berdua memasuki gedung Pengadilan langsung menuju ruang Sekretaris Pengadilan dan memerintahkan untuk mengeprin finger scan dan meminta salianan absen manual dengan dilengkapi rekap absen hari ini.

Dari rekapan absen tersebut terbaca ada dua pegawai terlambat hadir dan satu orang tanpa keterangan.

Pemeriksaan dilanjutkan ke masing-masing ruangan untuk melakukan kroscek terhadap keberadaan apatur Pengadilan. WKPTA juga menyempatkan diri untuk membuka aplikasi SIPP di ruang Perencanaan, IT dan Pelaporan, untuk melihat secara langsung persentase perolehan SIPP local yang ada DI PA Mataram, beliau juga melihat data arsip pada aplikasi SIPP dan disingkronkan dengan arsip fisik perkara yang tersimpan di ruangan arsip khusus yang terletak di ruang basemant, disamping itu, di area tersebut WKPTA juga melihat secara langsung proses pelayanan yang ada di Posbakum dan ruang tunggu serta meninjau lokasi rencana ruang pelayanan yang bakal dipusatkan di basemant sehingga nantinya antara masyarakat pencari keadilan tidak satu pintu dengan aparatur peradilan serta untuk memaksimalkan pelayanan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah selesai pemeriksaan ruangan-ruangan barulah ke ruang Ketua untuk memberikan briefing pada pimpinan dan sekretaris serta panitera Pengadilan.

 

STUDY BANDING PENGADILAN AGAMA SE-MADURA KE PA MATARAM

Mataram, 22 Desember 2017

 

Jum’at, (22/12/17) pukul 14.00 WITA Pengadilan Agama Mataram kembali kedatangan rombongan keluarga besar Pengadilan Agama Se-madura dalam Agenda Study banding dan mempererat tali silaturruhmi antara keluarga besar Pengadilan Agama Se- Madura dengan Keluarga Besar Pengadilan Agama Mataram, dan untuk memperluas dan memperdalam wawasan berfikir satuan kerja dalam aspek yuridis, administrasi, tehnologi dan perkembangannya

Sepuluh hari sebelumnya tepatnya tanggal 12 Desember 2017, Koordinator Pengadilan Agama Se-Madura Bapak Mujahidin Arsyad telah melayangkan surat via email ke Pengadilan Agama Mataram, untuk melakukan studi banding ke PA Mataram dengan segenap keluarga besar PA se-Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kangean) dengan membawa personil 24 orang yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Keluarga.

Acara penyambutan keluarga besar PA Se-Madura dipimpin langsung oleh KPA Mataram Bapak Yusuf Effendi, SH dan Keluarga Besar PA Mataram, dengan mengalungkan selendang kain khas tenun Lombok sebagai ucapan selamat datang kepada rombongan keluarga besar PA Se-Madura.

 

 

 

Selanjutnya pertemuan secara resmi berlangsung di ruang sidang utama dan agenda dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari PA Mataram kepada Keluarga Besar PA Se-Madura dan demikian halnya, PA Se-Madura juga menyerahkan cinderamata kepada PA Mataram dan KPTA NTB yang diterima langsung oleh KPA Mataram, karena KPTA tidak dapat hadir karena sedang mengikuti acara pendampingan Bapak Dirjen Badilag yang kebetulan dihari yang sama berkunjung Ke Lombok untuk meninjau sejauh mana kesiapan pelaksanaan SAPM bagi Pengadilan yang berada diwilayah PTA NTB yang belum mengikuti SAPM.

 

    

 

Usai acara serah terima cinderamata, selanjutnya dilaksanakan acara studi banding terhadap terhadap tanahapan perolehan ISO, SAPM dan aplikasi yang terkait inovasi pelayanan berupa E-Skum dan ATR.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 3 dari 55
Video PA Mataram

Personil PA Mataram
images/profil/01.jpg
images/profil/04.jpg
images/profil/05.jpg
images/profil/06.jpg
images/profil/07.jpg
images/profil/08.jpg
images/profil/09.jpg
images/profil/10.jpg
images/profil/11.jpg
images/profil/13.jpg
images/profil/14.jpg
images/profil/15.jpg
images/profil/17.jpg
images/profil/18.jpg
images/profil/19.jpg
images/profil/20.jpg
images/profil/21.jpg
images/profil/22.jpg
images/profil/23.jpg
images/profil/24.jpg
images/profil/25.jpg
images/profil/26.jpg
images/profil/27.jpg
images/profil/28.jpg
images/profil/30.jpg
images/profil/31.jpg
images/profil/32.jpg
images/profil/33.jpg
images/profil/34.jpg
images/profil/35.jpg
images/profil/36.jpg
images/profil/37.jpg
images/profil/38.jpg
images/profil/39.jpg
images/profil/40.jpg
images/profil/41.jpg
images/profil/42.jpg
images/profil/43.jpg
images/profil/44.jpg
images/profil/45.jpg
images/profil/46.jpg
images/profil/48.jpg
images/profil/49.jpg
images/profil/50.jpg
images/profil/51.jpg
images/profil/54.jpg
images/profil/55.jpg
images/profil/56.jpg
images/profil/57.jpg
images/profil/58.jpg
images/profil/59.jpg
images/profil/60.jpg
images/profil/61.jpg
images/profil/62.jpg
images/profil/63.jpg
images/profil/64.jpg
images/profil/65.jpg
images/profil/66.jpg
images/profil/67.jpg
images/profil/68.jpg
images/profil/69.jpg
images/profil/70.jpg
images/profil/72.jpg
JAM LAYANAN

 

Polling
Apa yang menarik dari web kami
 
Pengunjung Online
Kami memiliki 7 Tamu online
Pengunjung Kami
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini32
mod_vvisit_counterKemarin367
mod_vvisit_counterMinggu Ini2135
mod_vvisit_counterBulan Ini10874
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1591296
Intranet



Tabayun Online