Seputar Peradilan

Sosialisasi 9 Aplikasi Inovasi Badilag di Pengadilan Agama Mataram

1

Mataram, 08 Nopember 2019 || pa-mataram.go.id

Pengadilan Agama Mataram Kelas 1A. mengadakan sosialisasi 9 aplikasi Inovasi Badilag, Sosialisasi yang di buka oleh Panitera PA. Mataram Marsoan, S.H., dan dilanjutkan sambutan oleh Ketua PA. Mataram Drs. Kausar Anhar, S.H. dan disambung Sosialisasi oleh Tim IT PA.Mataram yang diwakili oleh Erni Wijiarni, S.H., Sosialisasi yang di Hadiri juga oleh Wakil Ketua, Hakim, Sekretaris, Panitera Muda, Kasubag, Panitera Pengganti, Jurusita/Jurusita Pengganti, Staf seluruh pegawai PA Mataram.

2

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Mataram menyampaikan harus adanya kerjasama antara kepaniteraan dan kesekretariatan terkait implementasi 9 Aplikasi unggulan Badilag dimaksud dan semua aparatur Pengadilan Agama Mataram harus mengetahui nama aplikasi berikut penggunaan dan implementasinya. beliau melanjutkan pesan dari Dirjen Badilag bahwa pada tanggal 1 November 2019, 9 aplikasi ini harus sudah diimplementasikan oleh seluruh peradilan agama, dan pada tanggal 25 November 2019 Dirjen Badilag akan melakukan monitoring dan evaluasi, dan untuk satker yang tidak menerapkan 9 aplikasi ini tentu akan ada konsekuensinya. Untuk Pengadilan yang memiliki aplikasi yang serupa, harus sudah menggunakan aplikasi dari Badilag.

4

Tim IT yang diwakili oleh Erni Wijiarni, S.H. mensosialisasikan 9 Aplikasi Inovasi Badilag yang ada di Pengadilan Agama Mataram.

Adapun 9 (sembilan) aplikasi unggulan badilag terdiri dari :

  1. Aplikasi Notifikasi Perkara
  2. Aplikasi Informasi Produk Pengadilan
  3. Aplikasi Antrian Sidang
  4. Aplikasi Basis Data Terpadu Kemiskinan
  5. Aplikasi Command Center
  6. Aplikasi PNBP fungsional
  7. Aplikasi e-Eksaminasi Perkara
  8. Aplikasi e-Register Perkara
  9. Aplikasi e-Keuangan Perkara

Kegiatan sosialisasi tersebut sangat interaktif dengan adanya diskusi-diskusi terkait penggunaan aplikasi sehingga peserta kegiatan sosialisasi dapat memahami secara umum tentang implementasi aplikasi serta tindak lanjut terhadap kendala saat proses ujicoba, baik yang terkait operasional maupun sistem aplikasi.

Sembilan aplikasi unggulan Ditjen Badilag ini harus diterapkan di seluruh satuan kerja di lingkungan peradilan agama dalam rangka :

  1. Meningkatkan profesionalitas aparatur Peradilan Agama;
  2. Mewujudkan manajemen Peradilan Agama yang modern;
  3. Meningkatkan akses masyarakat terhadap Peradilan Agama;
  4. Akuntabilitas dan transparansi badan peradilan.

tepat Pukul 14:00 WITA sosialisasi ditutup dengan ucapah Ahamdulillah dan diharapkan Pengadilan Agama Mataram mengimplemtasikan seluruh aplikasi inovasi tersebut.. (red/ben)