Seputar Peradilan

ASSESMENT SURVEILLANCE II PENGADILAN AGAMA MATARAM KELAS 1.A

 

Kamis, 14/11/19), tepat pukul 08.00 WITA sebagaimana yang telah diagendakan sebelumnya, Tim Assesor Eksternal dari Pengadilan Tinggi Agama Mataram yang di gawangi oleh Ketua Tim Assessor H. Ma'sum Umar S.H, M.H. (Pantera PTA Mataram) yang didampingi oleh H. Mahsyar, S.H. (Kepala Bagian Umum & Keuangan) serta Rusdiansyah, S.H., M.H. (Panitera Pengganti PTA Mataram) tiba di Pengadilan Agama Mataram, yang disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Mataram beserta segenap Aparatur Pengadilan Agama Mataram.

Setibanya di Pengadilan Agama Mataram, Tim Assessor Eksternal yang didampingi oleh Ketua, Wakil, Pnaitera serta Sekretaris Pengadilan Agama Mataram langsung menuju ke ruang pelayanan untuk melakukan observasi di ruangan pelayanan apakah sudah sesuai dengan standar pelayanan dan bisnis proses yang telah ditetapkan. Dalam kesempatan tersebut Tim Assesor juga melakukan wawancara serta observasi kepada petugas pelayanan yang ada di PTSP dari meja Informasi, Layanan Pos Bantuan Hukum, Meja I, Meja II, Meja III serta petugas layanan Gugatan Mandiri dan Pojok Layanan E-Litigasi. Untuk memastikan bahwa hasil Survey Kepuasan Pelanggan di Pengadilan Agama Mataram memperoleh hasil dengan predikat Sangat Memuaskan, maka Tim Assesor juga melakukan wawancara secara on the spot kepada para pihak yang hadir pada saat itu, dari berbagai kalangan dan berbagai layanan.

 

 

Agenda Assesment Surveillance II kali ini berbeda dengan Surveillance I, yang mana perbedaannya terletak pada metode assessment yang digunakan, yang mana pada Assesment surveillance I menggunakan metode wawancara, telusur dokumen APM dan kelengkapan eviden, dan pada Assesment surveillance II bersifat observasi di lapangan dan wawancara, mengukur tingkat pemahamaman terhadap implementasi APM dan adanya presentasi APM oleh Top Manajemen untuk memaparkan profil, capaian serta inovasi yang telah dilakukan selama 1 tahun berjalan setelah surveillance I.

Serangkaian kegiatan Assesment Eksternal berjalan sebagaimana jadwal yang telah diagendakan dan pada pukul 14.00 WITA TOP Manajemen melakukan Presentasi Capaian terhadap 7 Area dalam Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Agama Mataram, serta inovasi yang telah dilakukan terkait dengan inovasi pelayanan publik serta implementasi 9 Inovasi Aplikasi dari Ditjen Badilag, dan peningkatan sarana dan prasarana pelyanan publik sehingga menghasilkan produk dan kepuasan masyarkat para pencari keadilan dan stakeholder.

 

Adapun susunan acara dalam Presentasi implementasi APM tersebut yaitu :

  1. Pembukaan oleh Ketua Pengadilan Agama Mataram
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI
  3. Do’a
  4. Sambutan dari Ketua Tim Assesor Eksternal
  5. Yel-yel Pengadilan Agama Mataram
  6. Presentasi
  7. Tanya Jawab antara Tim Assesor APM
  8. Penutup oleh Ketua Pengadilan Agama Mataram
  9. Penyampaian Kesimpulan, Catatan dan Penutup oleh TIM Assesor
  10. Foto Bersama

Serangkaian acara Assesment Surveillance II Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A berakhir sekitar pukul 18.00 WITA.