Arsip Berita

Layanan Nontunai Melalui Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Panjar Biaya Perkara Pengadilan Agama Mataram

4995547f 9350 49d7 93ee bf4fd4661c22

Mataram - Senin, 28 November 2022 Peradilan yang modern adalah peradilan dengan sistem kerja berbasis ICT (information, communication, and technology). Salah satu ciri dari peradilan modern adalah menggunakan sistem yang serba elektronik baik dalam layanan informasi, administrasi keperkaraan dan juga persidangan online.  Bentuk berkomitmen Pengadilan Agama Mataram dalam mewujudkan Peradilan modern salah satunya dengan tidak pernah berhenti melakukan perubahan dengan terus berinovasi, Kini Pengadilan Agama Mataram menghadirkan Q-RIS (Quick Response Code Indonesian Standart) bagi masyarakat pencari keadilan yang berperkara di Pengadilan Agama Mataram yang akan melakukan pembayaran Panjar Biaya Perkara, selain sangat mudah, praktis dan lebih cepat. Hal ini tentu sangat amat memudahkan masyarakat pencari keadilan tanpa harus khawatir tidak membawa uang tunai dan jauh-jauh ke bank.

qris header

Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Panjar Biaya Perkara merupakan inovasi layanan yang diinisiasi oleh ZURAIDA NUR ALLIFAH, A.Md. salah satu CPNS Pengadilan Agama Mataram yang sedang mengikuti Latsar yang dilaksanakan oleh Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Kumdil Mahkamah Agung RI. Dalam kegiatan Latsar tersebut, kepada peserta diwajibkan membuat rancangan aktualisasi dalam bentuk inovasi  yang berguna kepada masyarakat.

WhatsApp Image 2022 11 28 at 15.20.40

Ketua Pengadilan Agama Mataram Ahmad Rifa'I, S.Ag., M.H.I bersama Zuraida Nur Allifah, A.Md CPNS PA Mataram

Ahmad Rifa'I, S.Ag., M.H.I., selaku Ketua Pengadilan Agama Mataram menyambut baik dan merasa bangga atas inovasi dari CPNS tersebut. Menurutnya, dengan inovasi ini, PA Mataram dapat hadir melayani masyarakat atau dengan kata lain melayani secara totalitas. Beliau berharap semoga dengan adanya QRIS ini dapat meningkatkan layanan apalagi cashless nontunai merupakan program prioritas PA Mataram dalam pembangunan ZI dari WBK menuju WBBM.

7D1166D0 FDCC 4C21 AC5A D6A9EC705A8D

Perwakilan Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Mataram berkunjung ke Pengadilan Agama Mataram memberikan secara simbolis Barcode/QRcode Q-RIS pembayaran baiaya perkara melalui Bank BSI.

Dengan adanya Q-RIS ini masyarakat tidak perlu lagi datang ke bank atau mencari ATM terdekat untuk melakukan pembayaran biaya perkara. Masyarakat Pencari Keadilan dapat langsung scan melalui aplikasi mobile banking seperti BRIS dari Bank Syariah Indonesia atau bisa juga melalui aplikasi pembayaran lain seperti ovo/dana/gopay/tokopedia dan lain-lain. Setelah proses scan, akan muncul tampilan untuk memasukkan nominal pembayaran, masukkan nominal pembayaran lalu lanjutkan maka pembayaran berhasil. Bukti pembayaran juga ditampilkan setelah transaksi berhasil dapat disimpan untuk ditunjukkan sebagai bukti pembayaran yang sah.

Add comment

Security code
Refresh



 

 

 Hubungi Kami

   Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A.

   Jl. Langko, No. 3, Mataram, NTB

   Telp : (0370) 621324

   Fax : (0370) 621324

   Website : www.pa-mataram.go.id

   Email : pa.mataram@yahoo.co.id

Tautan Web

 Mahkamah Agung RI

 Badan Pengawasan MA-RI

 Badan Urusan Administrasi MA-RI 

 Kepaniteraan MA-RI 

 Badan Peradilan Agama MA-RI

 Balitbangdiklatkumdil MA-RI 

 JDIH Mahkamah Agung 

 Direktori Putusan MA-RI

Tautan Web

Info Perkara PA.

   SIPP PA Mataram

   SIPP PA Girimenang

   SIPP PA Praya

   SIPP PA Selong